Kemampuan pemrograman real-time Windows CE 6.0 diuji oleh microsoft dengan ditampilkannya tongkat penyeimbang (Stick pendulum) dengan sistem kontrol Beckhoff.

Sebuah tongkat dengan bola baja diujungnya diseimbangkan oleh dua sumbu berpenggerak servo motor pada bidang x/y dan dijaga vertikal dengan Beckhoff Embedded PC CX1020. Sistem kendali kompak dari Beckhoff ini didukung oleh Windows CE 6.0 R2 sebagai operating system, prosesor Intel® Celeron® dan 256 MB DDR RAM dan dihitung cycle timenya, baik dengan PLC maupun dengan Motion Control, 500 µs.

Selain cyclical control dari penggerak sumbu, PLC juga melakukan sistem monitoring: sebuah cara tradisional untuk menentukan parameter-parameter yang hilang dari sistem paralel. Semua I/O dan servo drives dikontrol menggunakan EtherCAT.

Beckoffpendulum

Untuk mendapatkan sistem kendali “super cepat” ini, database informasi disimpan didalam sebuah hard disk kemudian setiap devices didukung dengan berbeda operating ystems: CX1020 controller, berfungsi mengendalikan inverse pendulum, menggunakan Windows CE 6.0 R2, CP6203 Ethernet panel dengan standard Windows Embedded dan data storage (dalam SQL database) menggunakan Windows Embedded Server 2008. Sementara itu Web Services on Devices (WSD) digunakan untuk komunikasi ketiga device ini. WSD tersedia pada semua Microsoft operating systems.

Sistem Beckhoff CE digunakan hanya sekitar 20 % dari kemampuan CPU dimana ia melakukan monitoring system dan tugas komunikasi. CPU masih cukup untuk melakukan proses sentral yang lain. Microsoft mendemonstarsikan stick pendulum ke umun pertama kali saat Hanover fair 2009.